ERASMUS+ UNI EROPA SUPPORT DANA UNTUK AKIS KOTA SABANG dan 3 INSTITUSI PERGURUAN TINGGI DI ACEH BELAJAR KEPERAWATAN KE NORWEGIA

Dalam  meningkatkan kompetensi para pendidik di perguruan tinggi atau Dosen perlu dilakukan berbagai upaya sehingga setiap perguruan tinggi mempunyai para pendidik yang berkualitas baik ilmu pengetahuan, sikap maupun keterampilannya untuk diterapkan kepada para mahasisiwa agar menghasilkan para lulusan yang kompeten termasuk di antaranya adalah perguruan tinggi keperawatan dan juga Kesehatan Masyarakat. Untuk menjawab tantangan tersebut,  4 (empat) perguruan tinggi di Aceh yaitu : Akademi Keperawatan Ibnu Sina (AKIS) Kota Sabang, Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala (USK), Politehnik Kesehatan (POLTEKKES) Aceh dan Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA)  mengirimkan para Dosennya mengikuti Workshop ke Norwegia dari tanggal 17 sampai dengan 21 Oktober 2022, kegiatan ini diikuti oleh 31 orang Dosen dari 4 perguruan tinggi tersebut diatas.

Kegiatan Workshop ini merupakan bagian dari berbagai kegiatan yang telah di sepakati dalam nota kerja sama atau MoU antara 4 perguruan tinggi di Aceh tersebut  dengan 4 Universitas di Scandinavia yaitu Inland Universty of Applied Sciences, Karlstad University, Ostfold University College, University College South Denmark yang di mulai pada tahun 2021  yang berjudul Capacity Building of Nursing education in Indonesia (CABNEI).

Sumber dana dari Projeck CABNEI ini sepenuhnya di biayai oleh ERASMUS+ Uni Eropa demikian kata Koordinator local dari project ini Hj. Suwarni, SKM., MPH, beliau juga mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan worksop ini adalah untuk meningkatkan kompetensi para dosen dalam metode pembelajaran simulasi keperawatan, dan juga bagaimana upaya pengembangan penelitian keperawatan dan Kesehatan masyarakat, sehingga para dosen lebih kompeten dalam membuat artikel dalam jurnal yang berskala internasional.

Dapat diketahui AKIS Kota Sabang dan INN Inland University sebagai penggerak project yang dimulai pada tahun 2021 hingga tahun 2023 mendatang telah mendapatkan sejumlah dana yang cukup besar guna pengembangan keahlian para tenaga pendidik atau dosen kesehatan. Kegiatan ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi dunia pendidikan kesehatan di Aceh pada umumnya yang telah di prakarsai oleh AKIS Kota Sabang sejak 10 tahun terakhir ungkap Aida Khairunisa, S.S.T., M.Si sebagai Quality Control dalam project ini.

Acara workshop dihadiri oleh Wakil Walikota Elverum Mrs. Eldri Svisdal, Rektor INN Inland University Professor Stine Gronvold, dalam sambutannya wakil walikota Eleverum mengatakan apresiasi dengan adanya project ini karena ini sesuatu yang sangat penting untuk meningkatkan kompetensi ilmu pengetahuan dan skill para pendidik apalagi dalam bidang Kesehatan  dan rector INN Inland University juga mengatakan sangat senang dengan adanya kerja sama ini semoga Kerja sama ini terus di perkuat dan berkelanjutan kedepannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.